Friday, October 14, 2016

Sholat & Adzan: Tolerance between Roommates

Selama 20 tahun, gue belum pernah bener-bener hidup sekamar bareng sama orang lain. Temen-temen emang suka nginep atau sekedar numpang tidur di kamar, tapi ya hanya sebatas itu. Mereka nggak akan jadi orang yang bebas keluar-masuk kamar karena ya cuma jadi tamu, sedangkan kepemilikan utama tetep ada di gue, seorang diri. Sayangnya, semua kamar di Ajou international dorm mewajibkan penghuninya untuk berbagi lapak dengan orang lain dengan komposisi dua orang sekamar, satu mahasiswa asli Korea dan satu mahasiswa foreigner.

Awalnya, gue lumayan deg-degan. Takut kalau-kalau si roommate nggak bisa menerima gue karena faktor budaya atau agama. Selain itu, isu-isu tentang privasi juga menghantui pikiran gue. Khawatir dia ngapa-ngapain barang gue kalo gue lagi nggak di kamar. Belum lagi bayangan mahasiswa-mahasiswa Korea yang emang terbiasa minum soju sampe mabuk tengah malam. Yha serem aja kalo tiba-tiba roommate gue masuk kamar sambil ga sadar dan bau alkohol gitu. 

Lanjut. Hari pertama kami bertemu, dia dateng ke kamar sekitar jam 12 siang. Kebetulan pada saat itu lagi ada temen gue dari Maroko yang main ke kamar, jadi dia bisa gue manfaatkan buat bantu-bantu mencairkan suasana. Si roommate ini bawa empat kardus besar yang isinya barang-barang macem sprei, baju, sepatu, dan daily needs lainnya. Ini cuma intermezo aja, jadi dia paketin itu semua barangnya dari rumah. Terus dia naik bus dari rumah ke asrama, tapi cuma bawa tas tangan biasa aja jadi ga ribet. Keren sih. 

Waktu dia dateng, gue belum sholat Dzuhur. Setelah basa-basi kenalan, gue pun ngomong ke temen Maroko gue, "eh ajakin roommate ngobrol dulu ya. Gue mau wudhu dulu, belom sholat." Fyi mahasiswa Maroko ini muslim juga jadi kita enggak sungkan satu sama lain. Setelah wudhu di toilet, guepun sholat di kamar. Space tempat sholat gue ini kehalang sama dinding meja belajar roommate, makanya dia tetep ngobrol sama temen Maroko tanpa memperhatikan gue. Tapi kemudian, pas gue sholat rakaat kedua, dia sadar kalo gue lagi melakukan gerakan-gerakan yang aneh. Gue denger dia sempet manggil-manggil: "Risti? Are you okay?" atau semacem itulah. Temen Maroko cuma balas: "selo dia lagi sholat," kemudian mereka melanjutkan pembicaraan lagi. 

Lama kemudian, temen Maroko ini balik ke kamarnya di lantai atas. Tinggallah kita berdua di kamar. Pas itu, barrier di antara kita udah nggak setebel pas baru ketemu. Gue juga udah jelasin kalo gue muslim dan berhijab. Si roommate pun (kayanya) memberanikan diri bertanya: "Risti what are you doing earlier? Is it bowing?" Gue rada bingung juga kenapa dia ngomongnya bowing, bukan praying. Istilah yang umum digunakan kan pray. Iya, kan? Mungkin karena banyak orang Buddha di sana jadi mereka mengasosiasikan sholat sebagai bowing. Gue jelasinlah ke dia kalau gue tadi sholat, kewajiban agama, and I have to do that five times a day. Dia kaget gitu kaya, "eii?? Really? Aren't you tired?" Gue cuma senyum-senyum dan haha hihi aja.

Akhirnya, tibalah malam pertama kita tidur bersama. Selama di Korea, gue pake sebuah aplikasi yang adzannya bunyi agak kenceng. Ya maklum, lagi winter subuhnya aja setengah enem. Kan wajib harus menyesuaikan rotasi matahari di sana. Apalagi ga ada adzan kenceng dari masjid layaknya di Indonesia, jadi emang kudu punya reminder sendiri. 

Paginya, bunyilah ini adzan pas masuk waktu Subuh. Kebetulan juga, gadget gue taruh di meja belajar dengan kondisi speaker di atas, bukan di samping kasur. Pas mulai kedengeran: "Allaahu akbar Allaahu akbar," rommate gue tiba-tiba bangun sambil teriak-teriak pake bahasa Korea campur Inggris. "MWOYA?? IGE MWOYA?? RISTII!! WHAT HAPPENED?? SOMEONE IS SCREAMING NEAR US!!"

Gue...... 

Panik dan bingung......

Dia literally yang menyibakkan selimut sambil noleh kanan kiri panik seolah-olah ada hantu lagi nereakin dia.

Gue otomatis bangun juga dan menenangkan dia sambil ngomong: "No, no, it's okay. It's my reminder to sholat. Nothing bad. You can go back to sleep, Roommate," sambil nepuk2 punggung doi. Sampai sini gue mikir, aduh susah nih kalo dia sensitif sama bunyi alarm. Masa iya gue subuh ga pake reminder kan pasti kelewatan (hehe). 

Kocaknya lagi, dia cuma: "Really?" kemudian balik bobok lagi. Terus habis balik ambil wudhu, dia udah ngorok. Serah lah mbak. Habis kejadian itu, gue ganti alarm gue jadi alarm dengan common ringtone di HP, yang itu berarti gue harus adjust waktunya setiap hari. Kebetulan waktu itu lagi masa transisi dari winter ke spring, jadi bener-bener kerasa banget yang sebelumnya jam tujuh pagi aja matahari baru terbit, sampai pada akhirnya matahari terbit jam setengah enaman. 

Siangnya, roommate inget kejadian pagi tadi dan nanya: "Ris, tadi itu kenapa ya? Kok kaya ada bapak-bapak masuk ke kamar kita terus teriak-teriak. Padahal gue yakin pintu kamarnya udah gue tutup." 

Q lelah. Ya, reaksi gue otomatis ketawa sih. Sebegitunya ya orang awam memandang kebiasaan-kebiasaan beragama yang emang nggak common di kehidupan mereka. Pada akhirnya, gue menjelaskan dari A sampai Z kalo suara itu tadi namanya adzan. Adzan itu panggilan buat sholat, buat praying. Kalo lo tinggal di Indonesia, lo bakal denger adzan ini five times a day, sesuai dengan waktu masuknya shalat. Terus, suara ini juga bakal di speaker dari masjid jadi kedengeran buat semua orang meskipun lo non-muslim dan tidak berkewajiban untuk sholat. Then, her response be like: "Jadi, Ris, kalo aku ke Indonesia, tiap pagi aku bakal denger suara bapak-bapak teriak-teriak itu?" And I was like: "Um.... yeah?"

Seiring berjalannya waktu, roommate gue pun jadi ngerti tentang praktek-praktek agama Islam dan dia juga menghormati itu. Pernah juga ketika weekend dia menghabiskan seharian di kamar dan menyaksikan gue sholat lima kali. Pas mau sholat ashar, dia sempet nyeletuk: "Again? You do this again?" sambil geleng-geleng kepala dengan muka takjub. Meskipun pada akhirnya dia masih stay dengan ke-atheis-annya (gue gagal meng-Islamkan dia LOL), gue menghormati apa yang menjadi pilihannya dan dia juga menghormati apa yang menjadi pilihan gue. Setiap kita mau makan, dia pasti juga berusaha nyariin makanan vegetarian. Apalagi ketika puasa ramadhan, dia juga berusaha untuk makan di dapur, padahal biasanya kita selalu makan bareng di kamar. Niceee.

At last, I took my faith seriously but I don't want to make it scary.
Semoga kalian yang mau hidup di muslim-minority country bisa mengaplikasikan ajaran-ajaran agama kalian dengan baik dan beradab. Semoga cerita ini juga tidak dianggap sebagai hal yang negatif; because I just merely love in the idea of diversity :D

2 comments:

  1. LOL! HI Ris! ku lagi melihat-lihat (read: intensely stalking) over people's blogs they put on their ig's bio and here i am, laughing over your post! kyaaa kocak! btw enakan pake tumblr/blogspot yaa? ku juga ingin mulai nge blog:' menyalurkan keberisikan ku selama ini di path dll biar lebih bermanfaaat TT mohon bimbingannyaaaa :) Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bimbingan. LOL. FYI sebenernya gue punya tumblr dan gue punya blog, Um wkwk. Ya, kemarin gue sebenernya bikin blogspot krn ada isu tumblr mau di block pemerintah. Tapi ternyata ini bisa menyalurkan kesampahan gue juga jadi kaya yaudah lanjutin aja, no harm. I'll visit yours, too wkwk

      Delete